Amankah Penggunaan Miconazole Untuk Bayi?

  • Whatsapp

Adanya infeksi jamur yang terjadi di area kulit dan mulut memang dirasa cukup menganggu bagi orang dewasa. Lantas bagaimanakah jika keadaan seperti ini juga terjadi pada anak kecil terutama pada bayi. Tentunya infeksi jamur semacam itu akan membuat anak merasa sangat tidak nyaman karena rasa gatal dan panas yang ditimbulkan.

Read More

Berbeda halnya dengan orang dewasa yang bisa menggunakan berbagai jenis obat untuk mengatasi masalah infeksi jamur seperti itu. Pada anak kecil terutama anak bayi terkadang masalah infeksi jamur seperti itu bisa menjadi masalah yang cukup rumit terutama dalam urusan menentukan obat apa yang cocok digunakan.

Biasanya untuk mengatasi masalah infeksi jamur yang sering terjadi pada banyak orang dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi obat Miconazole. Tapi apakah pada bayi obat Miconazole ini juga aman dan disarankan untuk bisa menyembuhkan infeksi jamur yang terjadi pada anak, karena jika diingat lagi bayi masih sangat sensitif dengan penggunaan obat – obatan seperti itu.

Ternyata setelah diteliti oleh beberapa ahli obat Miconazole krim atau salep masih dikategorikan aman untuk bayi. Selain bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi jamur pada bayi ternyata obat Miconazole ini juga bisa digunakan untuk mengatasai masalah ruam popok yang sering dialami oleh bayi.

Obat Miconazole krim ini aman digunakan untuk bayi dan terbukti efektif dapat menyembuhkan infeksi jamur, panu, dan juga sariawan akibat jamur pada area mulut bayi. Namun, meski begitu pemberian obat Miconazole krim pada bayi ini hanya direkomendasikan pada anak bayi yang telah berusian diatasa 4 bulan. Sedangkan untuk yang masih berusia dibawah ini pemberiannya masih harus berdasarkan anjuran dokter.

Jadi sebaiknya sebelum anda hendak memberikan obat Miconazole ini pada anak anda, jangan lupa untuk tetap membaca aturan pakai dan juag petunjuk cara penggunaan yang baik agar tidak terjadi kesalahan. Berikut panduan mengenai cara penggunaan obat Miconazole pada bayi.

1. Penggunaan Miconazole di Area Kulit Bayi

Biasanya penggunaan obat Miconazole di area kulit ini digunakan untuk menyembuhkan masalah akibat infeksi jamur seeprti ruam popok, kurap, dan kutu air pada anak. Berikut cara penggunaan dari krim Miconazole pada bayi :

– Oleskan krim sebanyak 1 – 2x dalam sehari selama 2 – 4 minggu pemakaian atau sesuai dengan yang diajurkan oleh dokter. Sebelum mengoleskan krim jangan lupa pastikan area tersebut bersih dan kering

2. Penggunaan Miconazole di Area Mulut Bayi

Biasanya pemberian obat dengan kandungan Miconazole di area mulut ini diberikan untuk mengatasi masalah sariawan pada anak yang di akibatkan oleh jamur Candida. Namun penggunaan obat Miconazole di area mulut bayi ini tidak disarankan diberikan kepada bayi yang berusia dibawah 4 bulan.

Cara penggunaan obat Miconazole pada bayi adalah sebagai berikut :

– Beri obat Miconazole sebanyak ¼ sendo takar yang telah di sediakan 4x dalam sehari selama 1 – 2 minggu. Berikan sedikit demi sedikit agar menghindari kemungkinan anak tersedak.

– Jika sariawan di area mulut sudah mulai membaik maka tetap berikan obat ini selama 1 minggu kedepan.

Itulah cara penggunaan obat Miconazole yang disarankan untuk diberikan kepada anak bayi. Meskipun diperbolehkan tetapi tetap saja lebih sebagai orang tua anda harus bisa mencegah kemungkinan anak terkena infeksi jmur seperti itu. Karena biar bagaimanapun anak masih kesulitan untuk mencerna jenis obat – obatan seperti itu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *