Inilah 5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Membeli Mobil Bekas

  • Whatsapp

Sampai saat ini, mobil menjadi salah satu kendaraan favorit untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Kendaraan roda empat ini terkesan lebih praktis karena bisa menampung lebih dari dua penumpang. Selain itu, Anda akan merasa nyaman saat berada di jalan raya karena tidak terkena cuaca ekstrem seperti panas matahari yang menyengat atau hujan lebat. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak yang mencari tempat jual beli mobil bekas.

Read More

Meskipun kondisinya tidak baru, mobil bekas masih diminati sampai saat ini. Harganya yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni menjadi magnet tersendiri bagi para pencari kendaraan roda empat. Untuk itu, banyak yang mendatangi showroom di akhir pekan untuk mencari mobil bekas yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Namun, membeli mobil bekas tentu saja tidak bisa dilakukan sembarangan. Alih-alih mendapatkan keuntungan, Anda bisa saja mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan yang menyebabkan kerugian materi yang tidak sedikit.

Kesalahan saat membeli mobil bekas

Untuk itu, perhatikan lima kesalahan umum dalam membeli mobil bekas di bawah ini sebelum terlambat.

1. Tidak Melakukan Perbandingan Mobil Bekas

Melakukan perbandingan saat membeli suatu produk tentu sangat penting, termasuk saat membeli mobil bekas. Namun, tidak sedikit yang terburu-buru, sehingga lupa untuk melakukan perbandingan. Bisa saja mobil bekas di showroom A lebih murah harganya dibandingkan dengan di tempat yang sedang Anda kunjungi. Untuk itu, carilah beberapa referensi showroom yang menjual mobil bekas.

Selain perbandingan harga, lakukan juga perbandingan lainnya seperti spesifikasi mobil, usia mobil, kelengkapan dokumen, dan masih banyak lagi.

2. Memilih Platform Jual Beli secara Asal

Untuk memasarkan mobil, tidak sedikit penjual yang menggunakan platform jual beli mobil bekas. Untuk itu, Anda akan lebih mudah mendapatkan mobil bekas yang diinginkan tanpa harus repot peri ke showroom. Namun, jangan sampai Anda memilih platform yang tidak memberikan informasi yang jelas seperti pemilik asal, harga, usia mobil, dokumen, dan lain sebagainya. Ini bisa memberikan pengalaman yang tidak menyenangkan yang berujung kerugian.

3. Tidak Teliti Saat Melakukan Test Drive

Test drive sangat penting saat memilih mobil bekas. Anda akan mencoba mengemudikan mobil untuk mengecek kondisinya apakah cocok dengan selera Anda atau tidak. Namun, tidak sedikit yang asal test drive saja tanpa mempertimbangkan hal lainnya. Pastikan Anda mengecek kondisi interior, performa mesin, dan masih banyak lagi. Jika perlu, ajaklah teman Anda yang mengerti tentang mobil.

4. Tidak Mengecek Service Record

Service record sangat penting untuk diperhatikan karena akan menunjukan kualitas mesin mobil tersebut. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk meminta pemiliki asal untuk menunjukan service record mobil yang akan Anda beli. Jika service recordnya baik, Anda bisa langsung melakukan ke tahap transaksi, dan jika sebaliknya, Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk membeli mobil tersebut.

5. Tidak Mengerti Mesin

Performa mesin sangat penting diperhatikan. Oleh karena itu, cek terlebih dahulu kondisi mesin mobil yang akan Anda beli, apakah masih memiliki performa yang baik atau tidak. Jika perlu, ajaklah teman Anda yang mengerti tentang mesin mobil.

Jika Anda mencari platform jual beli mobil bekas terbaik, garasi.id bisa menjadi solusinya. Situs ini menawarkan berbagai fitur yang praktis, sehingga Anda lebih mudah untuk mencari berbagai jenis mobil bekas dengan informasi harga, jenis, spesifikasi, dan tahun produksi yang lengkap dan sesuai dengan yang diinginkan. Pembayarannya tentu saja aman karena transaksinya dilakukan setelah Anda melihat langsung kondisi fisik mobil tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *