Mengenal Apa Itu Agen Dan Tugas – Tugasnya

  • Whatsapp

Biasanya saat hendak membeli sebuah barang yang di produksi oleh produsen – produsen besar biasanya kita hanya bisa membelinya melalui retailer ataupun agen – agen yang menjual produk tersebut. Hal tersebut dilakukan agar alur penjualan suatu prosuk di perusahaan yang menjual produk lebih tertata.

Read More

Biasanya agen suatu produk merupakan karyawan resmi yang direkrut oleh perusahaan atau ada juga agen yang mengajukan diri ke perusahaan dan ingin menjadi agen resmi. Biasanya agen resmi yang seperti itu memang ada hanya saja biasanya ada pembelian produk minimal sebagai syarat untuk bisa dijadikan sebagai agen.

Tapi tahukah anda apakah sebenarnya agen itu ? Agen adalah seseorang ataupun badan yang diberika wewenang untuk mewakili atau bisa bertindak untuk menjadi perantara dari perusahaan yang terkait. Contoh konteksnya seperti menjadi agen yang menjual sebuah produk dari suatu perusahaan, biasanya agen tersebut juga akan mencari konsumen berupak toko – toko yang nantinya melalui dirinya lah produk dari perusahaan tersebut dikirim.

Jadi intinya agen itu seperti wakil dari perusahaan yang mencoba menjangkau pelanggannya lebih dekat lagi, karena jika semuanya dilakukan oleh pihak perusahaan maka akan memakan waktu dan anggaran. Jadi diadakannya agen resmi ini yang sama – sama menguntungkan untuk pihak perusahaan, pihak yang menjadi agen, dan juga pihak konsumen yang membeli produk.

Biasanya setiap agen memiliki ciri – ciri seperti memiliki wilayah pemasarannya masing – masing, hal ini dilakukan agar tidak adanya perebutan di konsumen di wilayah yang sama. Kemudian tidak memiliki wewnang untuk menentukan harga barang yang dibeli dan akan dijual nantinya, dan sistem pembelian barang yang dilakukan diberlakukan sistem komisi atau beli putus dari setiap produk.

Bila dibeda – bedakan berdasarkan tugasnya agen sendiri terbagi kedalam dua golongan yaitu agen penunjang dan juga agen pelengkap, seperti penjelasan berikut :

Agen Penunjang

Biasanya agen penunjang ini memiliki tugas untuk melengkapi dan juga melakukan penyaluran barang atau jasa kepada konsumen yang mengalami kekurangan. Jika pihak lain di perusahaan tidak dapat melakukan tugas tersebut maka agen penunjang lah yang bertugas menggantikan posisi tersebut.

Agen Pelengkap

Agen pelengkap ini biasanya merupakan agen yang dikhususkan untuk proses pemindahan barang. Biasanya agen pelengkap ini merupakan agen yang langsung berhubungan dengan konsumen. Agen seperti ini memiliki peran yang cukup penting karena secara tidak langsung agen pelengkap juga menjadi wajah yang dinilai dari suatu perusahaan.

Selain dua jenis golongan agen diatas juga masih terdapat tugas – tugas yang harus dilakukan oleh setiap agen perusahaan, antara lain :

Melakukan riset pemasaran produk

Mencari pelanggan yang di sesuaikan dengan segmentasi pasar, targeting perusahaan, dan juga prospecting.

Menetapkan rencana dan sasaran, kemudian membuat alokasi waktu pengiriman barang ke masing – masing pelanggan.

Memberikan informasi mengnai produk yang dijual kepada pelanggan.

Memberikan penjelasan yang menarik agar pelanggan terpengaruh dan bersedia mencoba produk yang ditawarkan sampai benar – benar terjadi pembelian.

Melayani, menyediakan berbagai kebutuhan pelanggan terhadap kebutuhan produk, kemudian memberikan bantuan teknis ataupun saran terkait produk yang mungkin terdapat kecacatan.

Mengidentifikasikan dan menetapkan pelanggan yang menjadi prioritas pelangaan berdasarkan respon pelanggan saat ditemukan produk yang cacat.

Itulah beberapa tugas yang harus dilakukan oleh para agen yang menjual produk atau jasa dari sebuah perusahaan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *