Redakan Nyeri Punggung Akibat Skoliosis dengan Makanan Ini!

  • Whatsapp

Kemajuan teknologi di bidang kesehatan membuat penanganan skoliosis dapat dilakukan lebih cepat dan mudah. Anda dapat mengambil metode pemakaian brace hingga operasi maupun menjalani terapi di klinik agar lengkungan tulang belakang tak semakin parah. Jika dilakukan dengan tepat, Anda bisa kembali beraktivitas secara normal tanpa merasakan keluhan parah akibat skoliosis.

Read More

Kemudian, untuk menjaga kesehatan selama menjalani pengobatan atau terapi, Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan yang tepat.

Berikut sejumlah makanan yang patut masuk menu, terutama kalau Anda kerap merasakan nyeri punggung akibat skoliosis.

  • Brokoli

Sayuran hijau seperti brokoli termasuk sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Brokoli bisa membantu Anda mengatur kontraksi hingga relaksasi otot. Anda bisa mengonsumsi brokoli dalam keadaan direbus atau mengombinasikannya dengan bahan makanan tinggi kalsium lainnya seperti tahu, salmon, dan susu kedelai.

  • Tomat

Vitamin C adalah salah satu kandungan yang dapat mengurangi nyeri pada punggung Anda. Pasalnya vitamin C mendorong produksi kolagen yang lebih banyak untuk menghubungkan pembentukan massa otot dan jaringan sampai 90%. Mendapatkan sumber vitamin C pun sangat mudah. Salah satunya dari tomat yang bisa Anda olah jadi macam-macam makanan dan minuman.

  • Salmon

Ketika membahas omega-3, Anda pasti bakal langsung memikirkan salmon. Kabar baiknya, ikan-ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, sarden, dan makarel sangat bermanfaat untuk penderita skoliosis. Hal tersebut disebabkan omega-3 mampu menghambat produksi sejumlah zat inflamasi seperti leukotrin dan prostaglandin.

  • Daging ayam dan merah

Daging ayam adalah salah satu sumber protein terbaik yang membantu pembentukan massa otot. Sementara daging merah mengandung kalsium tinggi dengan zat besi yang dapat melancarkan suplai oksigen serta otot ke jaringan utama. Sumber-sumber lain yang bisa Anda manfaatkan adalah telur ayam yang juga tinggi akan protein.

  • Kacang-kacangan

Butuh camilan menyehatkan? Kacang-kacangan seperti almon, kacang polong, kenari, dan pecan bisa Anda konsumsi sebagai pelengkap diet anti inflamasi. Jenis kacang-kacangan tersebut mempunyai zat-zat yang berfungsi menurunkan kadar inflamasi. Selain itu, kandungan serat di dalamnya berguna juga untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes.

  • Pisang

Dari kategori buah-buahan, ada pisang yang memiliki potasium atau kalium yang membantu proses perkembangan tulang serta otot. Kandungan ini pula yang akan meredakan nyeri punggung yang kerap dirasakan penderita skoliosis. Fungsi lain dari potasium yang perlu Anda ketahui adalah menghubungkan saraf ke otot untuk menunjang peregangan dan relaksasi.

Demikian makanan-makanan yang dapat dikonsumsi agar dapat mengurangi keluhan nyeri punggung yang diakibatkan skoliosis. Jangan lupa untuk mendiskusikan diet yang tepat bersama dokter dan terapis agar manfaatnya dapat membantu pengobatan yang sedang Anda jalani. Sehingga pemulihan pun dapat berjalan lancar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *