Sudah Tahu Cara Pakai Masker Kain Yang Benar Dan Efektif? Cek Disini

  • Whatsapp

Dalam kondisi merebaknya pandemik covid 19, pemerintah anjurkan masyarakat pakai masker saat di luar ruangan. Berkaitan dengan hal itu, masker bahan kain direkomendasikan sebagai alternatif pemakaian masker di masyarakat. Namun, perlu diketahui bahwa masker bahan kain tidak seefektif masker bedah. Namun dengan cara pakai masker kain yang baik dan benar, setidaknya Anda bisa cegah virus masuk. Seperti apa caranya? Simak ulasan berikut.

Read More

Inilah Beberapa Tips Cara Pakai Masker Bahan Kain Agar Lebih Efektif Mencegah Virus

1. Gunakan Masker Yang Sesuai Ukuran

Setiap orang punya bentuk dan ukuran wajah yang berbeda. Dalam hal ini, pastikan Anda pilih masker yang sesuai dengan wajah Anda. Jangan gunakan masker yang berukuran terlalu kecil atau besar, karena tidak bisa lindungi wajah dengan sempurna. Pastikan masker yang dipilih dapat menutup mulut, hidung dan juga dagu Anda dengan baik. Tersedia banyak masker dengan ukuran berbeda yang bisa Anda beli, atau tidak Anda bisa buat sendiri.

2. Kondisikan Tangan Dalam Keadaan Steril Saat Memakai

Saat akan pakai masker kain, pastikan tangan Anda dalam keadaan steril. Tidak perlu bingung cuci tangan pakai hand sanitizer, setidaknya Anda sudah cuci tangan terlebih dulu. Setelah tangan bersih, kenakan masker pada wajah terlebih dahulu. Kemudian, talikan ke belakang kepala atau selipkan tali ikat di belakang telinga. Tali atau amankan dengan erat agar masker tidak longgar atau mempunyai bagian yang terbuka.

3. Hindari Menyentuh Masker Saat Dikenakan

Saat masker sudah dipasang, bukan berarti Anda sudah aman. Agar efektivitas masker semakin baik, disarankan untuk tidak menyentuhnya dengan tangan. Sebisa mungkin hindari menyentuh jika tidak diperlukan. Hal ini dikarenakan virus bisa saja berpindah dari tangan dan menempel ke masker bahan kain. Jika akan perbaiki posisi atau mengeratkan masker, ada baiknya Anda cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker.

4. Ganti Atau Lepas Dan Cuci Untuk Pemakaian Selanjutnya

Masker dari bahan kain memang bisa dikenakan dalam berkali – kali, tapi bukan berarti tidak diganti. Selain itu, saat akan melepas lepas masker kain tali terlebih dahulu. Jika Anda sudah kenakan masker dalam jangka waktu yang cukup lama, lebih baik dicuci dengan bersih untuk pemakaian selanjutnya. Ada baiknya Anda cuci masker pakai air hangat dan juga detergen. Jangan lupa ganti masker berbahan kain jika ada robek atau rusak.

Itulah cara terbaik yang bisa Anda lakukan guna menunjang efektivitas masker bahan kain. Meskipun tidak seampuh masker bedah atau masker medis lainnya, masker ini bisa bantu cegah serangan virus. Terutama jika Anda pilih masker yang pas dengan wajah. Masker akan mampu lindungi hidung dan mulut dengan maksimal. Ditambah cara pakai yang benar, tidak menyentuh, dan segera ganti setelah pemakaian, masker ini bisa beri perlindungan yang lebih baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *